Tuesday, March 3, 2009

Panduan untuk Liputan Soal Isu Anak



1.Usahakanlah untuk menggunakan standar akurasi dan kepekaan yang tinggi saat membuat liputan tentang isu-isu yang melibatkan anak.

2. Hindari program acara dan publikasi gambar di media yang dapat merusak mereka.

3. Hindari penggunaan stereotypes dan penciptaan materi jurnalistik secara sensasional saat melibatkan anak-anak.

4. Pertimbangkanlah dengan hati-hati akibat dari publikasi setiap materi jurnalistik tentang anak-anak dan usahakan semaksimal mungkin untuk tidak merugikan kepentingan anak.

5. Hindari untuk menampilkan gambar atau mengidentifikasi anak-anak kecuali mereka secara nyata berada di dalam lingkungan publik atau demi untuk kepentingan publik.

6. Berikan kepada anak-anak, bila memungkinkan, hak mengakses media untuk mengutarakan opini mereka sendiri tanpa ada bujukan dalam bentuk apa pun.

7. Pastikan untuk melakukan verifikasi secara independen terhadap berbagai informasi yang diberikan oleh anak-anak. Lakukan verifikasi itu dengan cara yang tidak membahayakan anak-anak itu sebagai nara sumber kita.

8. Hindari penggunaan gambar-gambar anak yang mengeksploitasi secara seksual.

9. Gunakanlah cara-cara yang terbuka, adil, dan langsung dalam mendapatkan gambar anak-anak. Jika mungkin dapatkan semuanya dengan sepengetahuan si anak, atau orang dewasa yang menjadi wakil si anak.

10. Periksa kredibilitas dari organisasi yang mengaku berbicara atas nama kepentingan anak.

11. Jangan membelikan barang-barang kepada anak-anak atau orang tuanya atau penjaganya kecuali jika memang benar-benar untuk kepentingan si anak.

Daiambil dari: Child Rights and the Media, Putting Children in the Right: Guidelines for Jurnalists and Media Professionals (International Federations of Journalists)

No comments: