Wednesday, August 26, 2009

Candi Risan, di Perbatasan Kabupaten Gunungkidul dan Sukoharjo



Satu lagi, candi yang berada di kawasan kabupaten gunungkidul adalah candi Risan. Candi ini letaknya di Desa Candirejo, Kecamatan Semin. Wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Letak Candi Risan berada tepat di perbatasan tegalan dan rumah penduduk. Bentuk aslinya sudah tidak nampaK lagi karena yang tertinggal hanyalah sisa-sia tumpukan batu. Candi ini adalah candi Hindu.

Penduduk menamakan candi risan, singkatan dari irisan atau perpotongan. Wilayah dimana candi itu berada adalah wilayah irisan atau perbatasan antara kerjaan Surakarta dan Yogyakarta.

Karena letaknya yang sangat jauh, sekitar 50 kilometer dari Yogyakarta, tak banyak pengunjung yang datang ke sini. Selain itu, nama candi Risan juga tidak masuk dalam 'peta' candi-candi penting untuk dikunjungi.

tetapi jika anda berkunjung ke sana, misteri dan daya magis yang menyelubungi candi itu masih pekat terasa. Setidaknya dari cerita penduduk, ada banyak cerita gaib yang menyertai kehadiran candi itu hingga saat ini. (foto dan teks: bambang muryanto)

No comments: