Tuesday, March 22, 2011

Rail One, Kereta Api Khusus Pejabat


Pernah melihat kereta api khusus untuk pejabat? Jika belum, lihat gambar di samping. Kereta ini hanya terdiri dari dua rangkaian, lokomotif dan sebuah gerbong yang dibalur dengan cat warna putih. Sekilas mengingatkan pada kereta api Kuda Putih, jurusan Yogyakarta-Surakarta di tahun 1970-an.

Siapa yang naik kereta ini? "Pak Direktur Operasional," jawab singkat seorang petugas keamanan Stasiun Kereta Api Tugu, Yogyakarta, Minggu (13/3). Ia tampak gagah dengan seragam birunya dan berdiri tepat di pinggir lokomotif. Para petugas keamanan dikerahkan untuk mengamankan kereta yang tampaknya akan segera berangkat itu.

Nama keretanya Rail One, ditulis dibawah logo yang disematkan di bagian muka lokomotif. Di bagian kabin, tampak pesawat komunikasi. Pasti nyaman bila naik kereta api ini.

Banyak penumpang kereta api yang berada di Stasiun Tugu menatap lekat pada kereta api ini. Maklum, ini adalah momen yang langka, apalagi ada kesempatan melihatnya dalam posisi berhenti dan dari jarak yang dekat.

Mungkin karena kedatangan direktur operasional PT KAI ini, suasana stasiun Tugu berbeda. Lebih sumringah. Penjaga karcis stasiun adalah dua wanita cantik yang menggunakan jilbab warna hijau tua.

Petugas Informasi juga berbeda dalam menyampaikan perihal jadwal kedatangan atau keberangkatan kereta api. Ada versi bahasa Inggrisnya. Apakah ini karena kedatangan pejabat tinggi? Semoga tidak. (foto dan teks: bambang muryanto)






No comments: